UI-HM #breaking20 day!

Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba juga.. pagi tadi adalah race day Universitas Indonesia Half Marathon yang menjadi momen untuk #breaking20 saya!

Oiya, sebelum saya lanjutkan ke cerita intinya, sekilas tentang UI-HM ini. Universitas Indonesia – Half Marathon run ini adalah event lari yang dimotori oleh ILUNI (Ikatan Alumni Universitas Indonesia) dan merupakan event yang pertama diadakan (dan kelihatannya akan jadi event tahunan). UI-HM ini diselenggarakan di kampus UI Depok dengan kategori race 5K, 10K dan 21K. Selain UI-HM ini, sebenarnya sudah ada event tahunan yang diadakan di UI yaitu Run Foriver sejak sekitar tahun 2012 kalau ngga salah, dan akan diadakan lagi tahun ini.

Oke, kita lanjutkan…

Pengambilan race pack sangat mudah, race pack diambil di FX Senayan. Saat saya ngambil, ternyata kaos size M sudah habis, dan saya terpaksa mengambil yang size L. Ini mungkin bisa jadi lesson learned buat panitianya, mungkin kalau pas pengambilan, orang suka mau nuker-nuker size, mustinya jangan dibolehin. Kemudian, setelah sampai rumah, saya baru sadar juga kalau booklet racenya ngga ada, padahal menurut temen-temen tuh ada booklet nya. Untungnya, versi pdf-nya beredar di dunia whatsapp dan cukup membantu untuk tau info terkait race day-nya.

20017435_10210687382360869_2843185641302564669_o
Langsung dari Tangguh, I am ready for UI-HM!

Malam sebelum race day, seperti biasa, saya menjejerkan semua gear yang akan dipakai / dibawa besok. Pilihannya adalah apakah mau menggunakan singlet PelariBP, atau pakai compression Under Armour, akhirnya jatuh ke compression shirt deh. Ini dia list nya:

  • Under Armour sleeveless compression shirt
  • 2XU Elite MCS Short
  • 2XU racing socks
  • Fenix 5
  • Running Dynamic Pod
  • Nike Zoom Fly

5K dijadwalkan untuk flagoff jam 6 pagi, namun untuk amannya saya akan spare waktu dari jam 5 di UI lah.. plus kita ngga akan pernah tau kalau-kalau ada perubahan last minute yang akan menahan kita menuju ke garis start.

Set alarm jam 3:20AM, saya pun langsung tidur malamnya. Bangun pagi buta, langsung seduh kopi hitam buat “menyadarkan diri”, kopi hitam ini sudah jadi kaya ritual saya sebelum racing. Kalau kemarin-kemarin saya nginap di hotel, tentunya kebanyakan hotel akan provide Nescafe Black coffee sebagai komplimen. Ngopi, cuci muka, saya pun segera pakai baju yang sudah disiapin semalam

A quick tips, selalu siapkan pakaian dan gear yang akan dipakai untuk berlari paling tidak semalam sebelumnyaJangan pas paginya masih belum menentukan mau pakai kaos atau singlet, warna merah atau kuning, dll. Race day is a get-n-go!

Saya berangkat dengan istri ke Margo City, sebagai salah satu area parkir yang sudah ditentukan, naik motor. So far semua berjalan lancar dan kami pun tiba di Race Village jam 5 🙂 Yeayy.. Segera saya ganti sepatu dan melakukan warm up. Sudah banyak juga orang di sekitar race village yang dilokasikan disekitar Balairung UI ini, as usual, senenga aja ngeliat “kostum” runner yang kadang ada yang keren dan ada juga yang ajaib (hey, I’ll make a post for this later ah…heheheee). Satu yang paling saya sebel kalau lagi persiapan race begini adalah dorongan untuk buang air kecil! Kalau BAB udah saya antisipasi lah itu, cuma kalau yang satu lagi kan serba salah, ngga minum nanti dehidrasi, minum ya begini, langsung lari ke portatoilet deh. Ini yang namanya orang melayu yaaaa ke toilet koq lama lama yaaaa.. ada ritualnya dulu apa ya, sampe gemes dan udah pengen nyikat pohon terdekat aja saya!! Tapi sabar..sabar… ini kampus saya, jadi saya harus behave lah disini..haha

Done, saya segera lanjut ke garis start. Oiya saya juga sempat ketemu dengan beberapa rekan PelariBP dan FTUI Runners selama warm up dan menunggu flag off 5K, ada lah selfie-selfie sebentar buat boost mood. Saya tiba di garis start saat HM dimulai, jadi masih menunggu sekitar 30 menit ke flag off. Agak telat sekitar 5 menit, tapi ya oke lah, namanya juga event baru, dan 5 menit masih oke lah buat orang kita yang masih banyak aja yang telat start bahkan sampai saya baris untuk 5K.

Line up, saya berdiri di baris kedua, bukan karena saya ngga mau maju kedepan cuma udah males aja liat yang depan tuh macam ibu-ibu dan adek-adek yang paling juga baris di depan demi dapet poto dari panitia dan drone yang seliweran.. oh well, paling ntar start saya salip langsung aja lah. Lirik kiri kanan, keliatannya ngga ada atlit yang saya kenal, hmmm.. oke lah. Jujur, pikiran tuh jadi agak teralih dari project #breaking20 menjadi kejar podium, gara-gara temen-temen yang sudah pada rusuh ngomporin saya di group chat. Fokus…fokus… and there you are, beberapa anak-anak yang muda dan berbadan tipis kering.. yah ini deh calon-calon podiumnyaaa, tebakan saya mungkin ini anak-anak Pelatda atau mahasiswa yang ikutan UKM Atletik di kampus lah. Oke lah, fokus dengan project aja kalau gitu.

Flag Off, its show time!

Saya pun segera menyalip ibu-ibu dan adek-adek yang sudah puas senyum difoto sama drone tadi! Warm up kaki lagi karena tadi lumayan kelamaan juga nunggunya. Cuaca yang cerah membuat mood start line terasa segar, di 200 meter awal banyak juga yang lari bareng saya lho.. bah ini koq jadi banyak saingannya yaa.. hahahahaa. Masuk ke jalan utama UI, pelari mulai berkurang, dimulai dengan sedikit tanjakan, saya mulai compensate saja dulu, pas turunan mulai saya gas lagi. Lirik jam, average pace 3:35.. okay great start man! Turunan pertama ngga saya sia-siakan, saya perpanjang stride saya, sepatu Zoom Fly ini benar-benar mengoptimalkan toe-off saya, I feel like flying in this shoes. Masuk tanjakan pertama, saya compensate sambil kejar napas, lewat tanjakan ke arah Perpustakaan UI, saya mulai build up speed lagi. Average pace masih di 3:40an, oke lah pasti turun, tapi masih di breaking20 ini. Rute Perpustakaan UI ke arah jalan besar depan Sastra sebenarnya relatif turunan, cuma entah kenapa betis mulai terasa lelah, mungkin karena saya push di awal tadi ya.. anyway, napas saya atur terus dan pace down buat kasih kaki “napas” sebentar

Masuk jalan utama menuju Fakultas Ekonomi adalah turunan, saya gas lagi deh pas turunan ini, cuma saya intip jam, ngga tembus pace 4! waduh… mulai panik, dan ini dia, negative mantra mulai muncul di kepala… oooh I hate this situation, harus struggling sama negative mantra di pertengahan rute begini! Tenang..tenang… rileks, just feel the stride dan kondisi sekitar. Saya pun melewati rombongan pelari HM sepertinya dan memotivasi mereka, untuk menaikkan adrenaline saya juga.. it worked! Lewat FE, menuju Fakultas Teknik, ini tanjakan yang landai, ngga terlalu masalah disini, saya mencoba fokus disini, jam sudah menunjukkan average pace 4:03an, lewat target ini?! no worry, masih ada turunan lewat FT sampai ke dekat finish. Lewat FT, turunan menuju Stadion UI, saya coba pace up lagi.. what happened is, pace nya ngga lewat 4:00! itu kaya saya lari di pace 4:45 – 5:00 dong. Astaga, ini drop banget, ngga kuat ini kakinya apa ya, saya kaya pasrah aja ngeliat average pace nya turun terus sampai ke 4:15, dengan estimasi sisa rute kurang dari 2KM, udah ngga mungkin lagi lah ini.

But, I shall finish strong!

Saya tetap fokus dan atur napas, naik ke arah tanjakan terakhir, kaki sudah beaten up banget, slowly climb dan sampaidi puncak tanjakannya saya build up speed semampunya. Lari terus ke arah Rotunda depan Rektorat UI, jam pun memberi notifikasi 5KM pada 21:29.. Good job man, lets finish this race!

So, here’s the end of my #BREAKING20 project.. Saya ngga bilang ini gagal, tapi belum berhasil. Masih ada waktu buat latihan lagi. Its a great race anyway, dan lesson learn nya banyak sekali, saya ngga kecewa, yang ada malah penasaran, ini belum mentok, saya masih belum maksimal, this is the real outcome that I expected from a failed attempt! Dan seperti biasa, momen selesai lari adalah momen yang bertaburan dengan selfie dan foto bareng…hahaha.. dan hari itu, saya ganti-gantian foto bareng temen-temen PelariBP dan FTUI Runners, ini mungkin salah satu event lari yang paling banyak fotonya buat saya :))

Oiya, full data dari lari 5K ini bisa diakses di Garmin Connect saya, beberapa statistik yang menjadi “fakta” yang menyenangkan adalah:

  • Saya masih perlu improve stride length technique, dari race, saya masih menjadi quick cadence runner (yang memang selama ini saya lakukan). Pada average, sudah oke sebenarnya 1,23 meter, menimbang di rutenya ada tanjakan yang memang memaksa saya buat setengah jalan.

Capture

  • On a race day dimana saya harus all out tanpa mikir apapun, ternyata saya punya natural running form yang bagus dan in control, Vertical Oscillation, Ground Contact, Foot Balance semua dalam range yang optimal. Artinya saya ngga “tiba-tiba” jadi bouncy pas race day karena panik dll.

Capture

  • HEART RATE, ini dia yang menakjubkan dan jadinya bikin penasaran. Believe me or not, saya kemarin racing di Zone 3!!! Seriously, ini bener-bener jaw-dropping.. Awalnya saya ngga percaya waktu nonton satu video di Youtube yang bilang kalau race 5K ini adalah race dimana kita lari di zone Aerobic mostly.. gimme a break ?!
Capture
tapi hatiku berkata lain bang….

57% di Zone 3 dan 0%… nol persen di Zone 4! Setelah ngeliat ini, adrenalin saya langsung bangkit lagi, i am not done yet with the project! Ooh how I hate this negative mantra that appeared on my run.. saya harus bisa melatih dan melawan negative mantra yang suka muncul di kepala saya ini. I’m better than  this.

So, itu dia seputar #BREAKING20 project dan a great race day juga.. thanks sudah membaca dan mengikuti journey saya hingga race day ini. Kita lanjut lagi dengan training plan lain dalam waktu dekat, coz I am not finished yet ! Oh iya, ini dia foto-foto seputar UI-HM ini, special thanks buat panitianya yang sudah membawa kembali mahasiswa yang hilang selama ini untuk kembali ke kampus :))

TEKNIK, YAHUUUDDD!!!

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

Dikelola oleh WordPress.com.

Atas ↑

%d blogger menyukai ini: